selamat membaca dan menikmati gaya tulisan ini, bukan menggurui hanya mencoba menggali jati diri

Kamis, 14 Juli 2011

ada yang spesial menjelang ramadhan


Tulisan ini semoga bisa membuat dan membangkitkan semangat masa kecil kita ketika datang bulan ramadhan...
dulu waktu kecil rasanya bulan yang ditunggu-tunggu itu adalah bulan ramadhan, bagaimana tidak?? karena dibulan ramadhan kita bisa berkumpul dengan teman-teman main kita belum lagi ada tugas dari sekolah masih ingat tidak kalian ?? ya' betul mengisi buku ramadhan.... hahahahhaha
ada lagi nih kalau pas hampir buka puasa tiap siaran radio pasti menyiarkan ceramah dari dai kondang Alm. K.H Zainuddin M.Z... gaya ceramahnya yang sangat kocak namun tetap bisa masuk ke dalam hati kita itu yang bikin rindu tapi sepertinya sekarang kita sudah tidak bisa dengar lagi suaranya melantunkan ceramah-ceramahnya yang baru dan menyentuh....
Saat ramadhan semua makanan spesial hadir di meja makan bahkan yang tidak pernah ada di hari biasa muncul saat ramadhan yah itulah dia kue tetu/kue perahu/atau apapun namamu entah kenapa kau begitu spesial di bulan ramadhan...
begitu juga dengan pasar kaget yang hampir di setiap daerah selalu muncul, dan nyaris tak pernah sepi inilah keunikan ramadhan semua mendapat rezeki bahkan kaum dhuafa sekalipun...
ya dibulan ramadhan semua kebaikan dilipat gandakan yang kaya memberi yang miskin dan yang miskin mempunyai kesempatan mencari rezeki...
berikut ada kutipan wawancara dengan beberapa anak jalanan :

Namaku Hamdhan, Kalau tidak salah umurku sebelas tahun. Cari aku di kolong jembatan layang di malam hari. Bisanya aku tidur disana setelah ngamen atau mengemis.

Aku suka Ramadhan. Dibulan yang lain makanku tidak menentu. Kadang bisa makan jika dapati uang. Kadang harus menahan lapar seharian. Di bulan puasa makananku terjamin.Tinggal datang ke masjid mushala .Ada makanan enak menanti .Ta'jil katanya, pembuka puasa. Ahh Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo

Namaku Tono, Umurku 11 tahun. Aku bekerja sebagai buruh bangunan.Aku mengangkut barang yang lebih ringan dibanding bapak-bapak yang lain.Aku harus bekerja karena keluargaku miskin.Upahku kuberikan kepada emak. agar kami bisa makan hari itu.

Aku suka Ramadhan ! Karena di bulan Ramadhan majikanku berpuasa dari mengomel dan memukuliku kalau aku salah atau lambat kerjanya.Padahal aku 'kan sering capek dan juga ingin bermain seperti teman seusiaku.Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo

Ramadhan? Aku suka itu .Pundi-pundi berisi penuh .Tak cuma koin receh, dibulan Ramadhan juga banyak uang kertas. Yang mereka lemparkan dari balik kaca mobil mewah saat kusodorkan mangkuk plastik di lampu merah. Bulan puasa tiba-tiba membuat banyak orang baik ya?

Jadi ibuku bilang: "Amir, ada sisa untuk ditabung, mudah-mudahan kamu bisa sekolah lagi ... Ibu Tidak mau kamu terus-terusan jadi pengemis Nak " . Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo

Namaku Sri. Aku yatim karena bapakku sudah meninggal. Kalau ingin ganti baju yang tidak ada tambal-tambal ber lubang Ya harus tunggu bulan setahun sekali. Bulan apa ya..Pokoknya yang ada lebarannya itu. Orang-orang kaya ganti baju.

Di bulan Ramadhan mereka menyumbangkan baju bekas mereka. Tapi masih bagus bagus kok .Kalo Lebaran aku pake baju-baju itu

Benar emak menasehati : .."Sabar nduk, Gusti Allah ora sare..". Emak suka Menenangkan rengekanku kalau minta baju baru. Karena aku malu diejek.

Terima kasih Ya Alloh ada Ramadhan aku jadi dapat baju bagus. Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo

Namaku untung. Rumah deket rel kereta api. Sebelah barat pembuangan sampah.

Bulan yang paling menyenangkan adalah Ramadhan. Kalau beberapa hari mau lebaran. Orang-orang kaya mencari-cari Kami.Mereka mencari pengemis dan gelandangan alias "Gepeng". Katanya Mereka mau memberi zakat. Karena kalau sudah sholat Idh akan batal zakat fitrahnya

Ayo ,Ikut saja bersamaku di malam takbiran . Kita Tenang-tenang saja tiduran di emperan pinggiran jalan. Mereka pasti tergopoh-gopoh membangunkan kita untuk terima zakat .Hanya Di bulan Ramadhan orang kaya cari-cari orang miskin .. hehe. Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo

Assalamu'alaikum. Namaku Salim. Walau masih kecil aku sudah kerja lo.Jadi kuli angkut. tapi aku angkat yang ringan-ringan. Walau orangtuaku miskin mereka melarangku mengemis !

Kalau Ramadhan. Aku menemani Bapak . Orang memanggilnya Bang maman. Aku Mengambilkan minum dan sesekali pijati punggungnya bergantian sama emak .Bapakku kuli juga.

Beliau sering kecapekan kalau Ramadhan.Karena di bulan Ramadhan ia banyak sekali angkut mebel juga kulkas, tivi baru . Kadang dimintai tolong memperbaiki rumah dan ngecat

Aku sering tanya bapak .Apa bulan puasa artinya ganti perabotan ya? Bapak hanya tersenyum dan menepuk pipiku.

Tapi aku suka Ramadhan. Bapaku jadi banyak kerjaan. Itu artinya aku bisa makan opor dan ketupat. walau setahun sekali. Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo

Salim, Untung, Sri , Amir, Tono dan Hamdan adalah teman sepermainan di sebuah perkampungan Kumuh. Kebetulan mereka mendengarkan ceramah Bang Maman, ustadz miskin yang jadi imam mushola :

"Tuhan itu bisa berbuat apa saja .Maha Kuasa.Tuhan juga Pemurah. Mau mendengarkan doa dari siapa saja.Termasuk anak jalanan miskin terlantar seperti mereka"

Astaga ! setelah itu Salim, Untung, Sri , Amir, Tono Hamdan doa bersama :

Ya Alloh , Kami Mengemis padaMu..
Jadikan cuma ada Ramadhan Sepanjang tahun…
Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar